Amalia, Fatwa
(2013)
KAJIAN NILAI MORAL CERITA PENDEK PADA MAJALAH BOBO SEBAGAI UPAYA
PEMILIHAN BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA DI KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR.
S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
Text
S_IND_0906970_title.pdf
Download (142Kb)
Ziddu (142Kb)
Text
S_IND_0906970_abstract.pdf
Download (202Kb)
Ziddu(202Kb)
Text
S_IND_0906970_tableofcontent.pdf
Download (333Kb)
Ziddu (333Kb)
Text
S_IND_0906970_chapter1.pdf
Download (223Kb)
Ziddu (223Kb)
Text
S_IND_0906970_chapter2.pdf
Restricted to Staf Perpustakaan
Download (389Kb)
Text
S_IND_0906970_chapter3.pdf
Download (360Kb)
Ziddu (360Kb)
Text
S_IND_0906970_chapter4.pdf
Restricted to Staf Perpustakaan
Download (797Kb)
Text
S_IND_0906970_chapter5.pdf
Download (276Kb)
Ziddu(276Kb)
Text
S_IND_0906970_bibliography.pdf
Download (281Kb)
Ziddu (281Kb)
Abstract
Penelitian
ini mengkaji nilai moral dari delapan cerita pendek pada Majalah Bobo
terbitan Januari-Desember 2011 dengan menggunakan pendekatan
strukturalisme dari Robert Stanton. Penelitian ini bertujuan untuk
menjawab pertanyaan-pertanyaan: 1) bagaimana struktur cerita pendek
Majalah Bobo; 2) bagaimana kesesuaian pemilihan tema dalam cerita pendek
Majalah Bobo dengan jenjang usia pada kelas tinggi sekolah dasar; 3)
bagaimana nilai moral yang terkandung dalam cerita pendek Majalah Bobo;
4) bagaimana relevansi nilai moral cerita pendek Majalah Bobo dengan
bahan ajar apresiasi sastra di kelas tinggi sekolah dasar. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Peneliti
menganalisis fakta-fakta cerita dalam cerita pendek, melaksanakan
kegiatan mengapresiasi cerita oleh siswa kelas V di MI Nurul Iman,
wawancara dengan guru, kemudian menganalisis pendapat pakar terhadap
kesesuaian cerita pendek untuk dijadikan sebagai bahan ajar. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa tema cerita mengangkat tentang usaha untuk
menolong orang lain usaha untuk mendapatkan sesuatu, dan berbagi dengan
sesama. Alur cerita menggunakan alur linier, latar bersifat realis,
tokoh terdiri dari tokoh protagonis dan antagonis, serta bahasa
disajikan secara sederhana. Unsur intrinsik tersebut sesuai dengan
perkembangan intelektual anak. Dalam menganalisis nilai moral yang
terkandung dalam cerita pendek, peneliti menemukan ada lima nilai moral
yang terkandung yaitu: 1) kejujuran; 2) kesediaan untuk
bertanggungjawab 3) kemandirian moral, 4) keberanian moral; 5) serta
realistis dan kritis. Pada umumnya nilai moral dari delapan cerita
pendek secara implisit dapat dianalisis dari watak tokoh utama dalam
cerita. Nilai-nilai tersebut dapat menumbuhkan daya kritis dan sikap
sosial pada anak. Mengenai kesesuaian dengan kurikulum, sebagai aspek
pertimbangan untuk dijadikan bahan ajar, cerita pendek tersebut dapat
digunakan sebagai bahan ajar (model) pada KD analisis unsur-unsur cerpen
dan penulisan teks narasi. Terutama pada KD bahasa Indonesia di kelas V
sekolah dasar yaitu mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar,
amanat). Ditinjau dari kesesuaian dengan teori sastra anak, teori
perkembangan anak, dan kurikulum di kelas tinggi sekolah dasar, maka
delapan cerita pendek tersebut dapat direkomendasikan sebagai bahan ajar
pada pembelajaran apresiasi sastra di kelas tinggi sekolah dasar.
Item Type: | Skripsi Tesis Atau Disertasi (S1) |
---|---|
Subjects: | Universitas Pendidikan Indonesia > Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Bahasa dan Sastra > Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia Subyek Terkait > Bahasa dan Sastra > Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr DAM Editor |
Date Deposited: | 24 Sep 2013 07:36 |
Last Modified: | 24 Sep 2013 07:36 |
URI: | http://repository.upi.edu/id/eprint/1643 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar